Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 01 Desember 2015

Agama, Lambang Peradaban

Untuk Disiarkan          : Rabu 2 Desember 2015
Reporter                      : Nia Nadia

Suasana saat seminar jurusan BPI berlangsung, Selasa (1/12)


Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), menyelenggarakan seminar An International Public Lecture “The Role of Religion in Global Society”. Seminar ini berlangsung kemarin pagi di ruang teater lantai dua FDIKOM.  Seminar ini merupakan hasil penelitian dari salah satu Dosen di Chuo University Tokyo Jepang, yang meneliti mengenai fungsi agama dalam era global di Jepang. Tujuannya untuk mengetahui pengaplikasian agama yang sampai saat ini masih menjadi pertanyaan. Selain itu, juga untuk memberikan tambahan informasi bagi mahasiswa BPI, yang mana nantinya bisa membina umat beragama khususnya Islam.

Wakil Dekan satu bidang akademik, Suparto mengatakan, agama senantiasa ada dalam peradaban dunia. Artinya, agama tidak akan berubah dengan perkembangan zaman yang terus tumbuh.  Suparto juga menambahkan, agama juga menjadikan seseorang lebih baik, karena agama bukan masalah negara atau publik melainkan masalah individu atau pribadi.   

Pemateri Seminar, Hisanori Kato menjelaskan, sejarah fungsi agama antara di Jepang dan di Indonesia sangat berbeda. Di Jepang terdapat dua agama yang bisa berjalan seiringan, yaitu saling mengadaptasikan nilai agama satu sama lain yaitu agama Shinto dan Budha. Di Indonesia hal itu tidak bisa di lakukan, karena perbedaan sejarah dan fungsinya.

0 komentar:

Posting Komentar