UNTUK DISIARKAN: SENIN 15 NOVEMBER 2021
REPORTER: VANIA FEBRIANA FRISKANDIAR
PUSAT STUDI AGAMA DAN DEMOKRASI –PUSAD- YAYASAN WAKAF PARAMADINA MENGGELAR DISKUSI BUKU VIRTUAL MENGENAI SALAFISME NEGARA DAN DEMOKRASI DI INDONESIA: MENGAPA GERAKAN SALAFI POPOLER DAN KITA HARUS PEDULI// DISKUSI TERSEBUT DIGELAR MELALUI ZOOM DAN SIARAN LANGSUNG YOUTUBE PADA KAMIS KEMARIN//
PENULIS BUKU SALAFIS AND THE STATE ISLAMIC ACTIVISM AND NATIONAL IDENTITY IN CONTEMPORARY INDONESIA/ CHRIS CHAPLIN MENYAMPAIKAN/ TUJUAN DIRINYA MENULIS BUKU TERSEBUT ADALAH UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA DEMOKRASI MEMBERIKAN RUANG KEPADA GERAKAN ISLAM SEPERTI SALAFISME// SELAIN ITU/ UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA GERAKAN ISLAM GLOBAL ATAU TRANSNASIONAL BERESONANSI DALAM LOKALITAS DI INDONESIA/ DAN MENJELAJAHI PROSES-PROSES YANG MEMFASILITASI PENYEBARAN MEREKA// KEMUDIAN ADA KETERTARIKAN SAYA DALAM INVESTIGASI SIFAT-SIFAT KOMUNAL DAN KOLEKTIF YANG MEMPERKUAT KESALEHAN PARA AKTIFIS DALAM GERAKAN SALAFISME//
DOSEN –UIN- JAKARTA YANG TURUT MENJADI KOMENTATOR DALAM DISKUSI BUKU VIRTUAL TERSEBUT/ DADI DARMADI MENGUNGKAPKAN/ SEBUAH KEJADIAN KONTROVERSI KAUM SALAFI/ DIMANA BEBERAPA WAKTU LALU MUNCUL KONTROVERSI AKIBAT SEORANG DA’I DARI KALANGAN SALAFI YANG MEMBUAT ASOSIASI LEMBAGA HAJI DAN UMRAH DI JAKARTA// ASOSIASI TERSEBUT DIBUAT DENGAN ALASAN BAHWA SELAMA INI PENYELENGGARA ASOSIASI HAJI UMROH YANG ADA, KURANG MENGUTAMAKAN SISI SPIRITUALITAS DAN PRAKTEK-PRAKTEK SUNNAH. BAHKAN SEBAGIAN LAINNYA DIANGGAP SEBAGAI BID’AH. KEMUNCULAN TERSEBUT MENIMBULKAN KONTROVERSI DIKALANGAN ASOSIASI BIRO HAJI DAN UMRAH LAINNYA///
0 komentar:
Posting Komentar