Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 01 September 2015

FSH Gelar Seminar Nasional BPJS Syari’ah



Untuk Disiarkan          : Rabu 2 September 2015
Reporter                      : Siti Aisyah

Kemarin, Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) menggelar seminar nasional bertema “Model Jaminan Sosial Kesehatan Berbasis Syari’ah”. Seminar ini berlangsung di ruang teater lantai dua FSH, pukul sembilan pagi. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada M.A, yang memberikan sambutan sebelum acara. Banyak materi yang dibahas pada seminar tersebut, mulai dari Regulasi terkait dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), fatwa MUI mengenai BPJS, mekanisme operasional BPJS, sampai pandangan dokter Indonesia mengenai BPJS. Selain itu, seminar tersebut juga membahas konsep dan implementasi asuransi kesehatan, serta konsep jaminan kesehatan sosial ekonomi islam. Pembicara yang hadir yaitu, Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.E, M.H, M.Ag, dari pihak MUI, Dr. dr. Fahri Idris M.Kes selaku Direktur Utama BPJS, dan Ir. Muhammad Syakir Sula selaku pakar asuransi syari’ah.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A, mengatakan, dalam membahas suatu isu yang sangat berhubungan dengan masyarakat, seminar yang digelar kali ini harus menunjukkan bahwa para akademisi memiliki berbagai pendapat. Dari hal tersebut, mungkin bisa menjadi bahasan menarik untuk dipertimbangkan oleh pihak terkait. Namun, itu bukan merupakan fatwa yang harus diikuti.

Salah satu peserta acara, mahasiswa jurusan Ilmu Hukum semester satu, Lilis Ariska, mengatakan, seminar yang membahas persoalan BPJS ini sangat menarik. Sebagai orang yang intelek, para akademisi haruslah sadar, dan mengetahui betul mengenai program sosial yang ada di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan syari’ah.

0 komentar:

Posting Komentar