Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Rabu, 02 September 2015

UIN Jakarta Akan Terapkan Sistem Penganggaran Berbasis Online Pada 2016



Untuk Disiarkan          : Kamis 3 September 2015
Reporter                      : Nabila Puspa Asriyani

UIN Jakarta akan menerapkan sistem penganggaran dana berbasis online di tahun 2016 mendatang, melalui Sistem Informasi Rencana Bisnis Anggaran (SIRBA) Online. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penyerapan anggaran sesuai siklusnya, dan sistem diharapkan dapat  mendorong transparansi serta akuntabilitas penganggaran di lingkungan UIN Jakarta.  Melalui sistem yang disediakan SIRBA, program-program yang berkaitan dengan aliran keuangan, bisa dipantau sejauh mana pelaksanaannya. Selain memudahkan pengawasan pelaksanaan anggaran, SIRBA Online juga memungkinkan terjadinya efisiensi dan efeektifitas pengelolaan anggaran. Sebab, setiap unit bisa mengunduh langsung perencanaan program tanpa harus dikerjakan manual.

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Drs. Subarja MPd, mengatakan, rektor atau pimpinan terkait program dan anggaran, bisa memantau sejauh mana pelaksanaan program yang direncanakan secara real time. Bila lambat atau tidak ada penyerapan sama sekali, mudah mengontrolnya. Subarja berharap, seluruh unit di  lingkungan UIN Jakarta disiplin memperbarui informasi anggaran yang sudah dimuat dalam SIRBA.

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Program Studi Sistem Informasi (SI), Mustaftih Irsal, mengatakan, memang sudah seharusnya setiap data yang sangat penting menggunakan basis online, mengingat UIN Jakarta akan menuju World Class University. Hal ini merupakan salah satu syaratnya, karena sistem data berbasis online juga dapat memudahkan pengawasan secara transparan. Untuk itu, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, dan pastinya tidak murah.

0 komentar:

Posting Komentar