Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 24 Juni 2014

Soal UM-PTAIN Tak Sesulit Soal SBMPTN

Untuk Disiarkan          : Rabu 25 Juni 2014
Reporter                      : Aldinah Rosmi
soal ujian UM-PTAIN yang telah selesai digunakan

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) berakhir hari ini. Adapun jenis ujian dalam UM-PTAIN berupa ujian tertulis dengan materi, meliputi tes Potensi Akademik dan tes Bidang Studi Prediktif. Di hari pertama, terdapat tes Potensi Akademik, tes Bidang Studi Dasar, serta tes Wawasan Keislaman. Sedangkan untuk hari kedua, terdapat tes bidang studi IPA serta IPS. UM-PTAIN pada dasarnya sama dengan SBMPTN, hanya saja UM-PTAIN diselenggarakan khusus oleh PTAIN seluruh Indonesia.

Menurut peserta ujian, siswi lulusan SMKN 20 Tangerang, Nia Amalia, mengatakan, soal UM-PTAIN tidak sesulit soal SBMPTN. Namun, Nia mengaku sedikit mengalami kesulitan saat mengerjakan soal tes Bidang Studi Dasar terutama dalam mata ujian bahasa Arab. Nia menambahkan, untuk soal-soal tes bidang studi IPS besok diharapkan mudah.


Adapun pernyataan yang muncul dari peserta ujian lainnya, yakni dari siswi SMAN 1 Slawi, Liza Afifatul Maftukha, yang mengatakan bahwa soal UM-PTAIN memang tidak sesulit soal SBMPTN, namun liza mengaku soal tes Wawasan Keislaman yang muncul benar-benar diluar dugaannya, mengingat basic Liza yang bukan dari sekolah agama. Disamping itu, Liza juga mengalami sedikit kesulitan dalam menjawab mata ujian bahasa Arab.

0 komentar:

Posting Komentar