Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Senin, 26 Januari 2015

DEMA FU Gelar Bedah Buku Al-Qaeda

Untuk Disiarkan          : Selasa 27 Januari 2015
Reporter                      : Aldinah Rosmi

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushulludin (FU) bekerja sama dengan penerbit Compass Center dan LP3ES menggelar acara bedah buku Al-Qaeda, Tinjauan Sosial-Politik, Ideologi dan Sepak Terjangnya, karya As’ad Said Ali (Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama). Acara yang berlangsung kemarin siang di Aula Madya lantai satu ini merupakan acara perdana DEMA FU setelah dilantik. Turut hadir pembicara yang mengupas buku Al-Qaeda, antara lain KH. M. Cholil Nafis, Ph.D, Dr. Asep Kusnanto, Dr. Rumadi Ahmad serta Dr. Zainul Milal Bizwie.

Dalam bedah buku kali ini Dr. Rumadi Ahmad mengupas tentang akar fundalisme munculnya gerakan Al-Qaeda, KH. M. Cholil Nafis memberikan pengantar mengenai ideologi-ideologi Al-Qaeda, Dr. Asep yang menerangkan terkait dampak aksi terorisme dan cara menanggulanginya, serta Dr. Zainul Milal yang menjelaskan tentang sejarah jihad di Indonesia. Salah satu narasumber dalam acara ini, Dr. Asep Kusnanto mengatakan, munculnya para teroris seperti gerakan Al-Qaeda disebabkan karena persoalan pola pikir yang berujung pada pengambilan keputusan. Maka menurut Asep, kita tidak akan menjadi teroris jika selalu memperdalam ilmu pengetahuan, motorik serta emosi dan pandai memilah mana yang baik, benar serta indah.

Ketua DEMA FU, Tanwirun Nadzir, menuturkan, acara bedah buku ini bertujuan untuk kegiatan eksplorasi keilmuan mahasiswa serta persembahan dari DEMA FU untuk masyarakat pada umumnya. Disamping itu menurut Tanwir, buku Al-Qaeda menarik untuk dibedah apalagi ditinjau dari berbagai perspektif agar bisa membaca isu-isu internasional dan tidak sebatas isu lokal. Tanwir menambahkan,  persiapan mengadakan acara ini kurang lebih selama satu minggu. Tanwir pun mengaku sangat senang dengan antusias peserta yang tetap bertahan sampai acara selesai.


0 komentar:

Posting Komentar