Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 08 September 2015

Mengenal BMT Syahida UIN Jakarta



Untuk Disiarkan          : Rabu 9 September 2015
Reporter                      : Desi Eliska

Baitul Mal wa At-Tamwil (BMT) Syahida merupakan lembaga keuangan mikro syariah dengan payung hukum koperasi. BMT Syahida didirikan oleh Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (IKALUIN). Kelebihan yang dimiliki lembaga keuangan ini yaitu menerapkan sistem syariah tanpa adanya potongan deposito, serta menggunakan prinsip aqad wadiah dan mutlaqoh.

BMT Syahida sendiri memiliki enam produk simpanan dan produk pembiayaan. Pertama, Simpanan Syahida, tabungan pada produk ini dapat diambil kapan saja. Kedua, Si Cerdas, setoran yang harus ditabungkan tiap bulannya minimal sebesar seratus lima puluh ribu rupiah dan dapat diambil setiap enam bulan sekali untuk biaya semester dan pembayaran wisuda. Ketiga, Si Fitri, tabungan ini dapat diambil ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Keempat, Si Aqur, tabungan ini diambil ketika menjelang kelahiran anak untuk biaya aqiqah ataupun mejelang hari raya idul adha. Kelima, Si Mabrur, tabungan ini digunakan untuk biaya umroh dan haji, dengan jangka waktu tabungan selama empat tahun. Produk simpanan terakhir adalah Simpanan Berjangka Mudharobah atau deposito, jangka waktu dari tabungan ini selama enam bulan hingga dua tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menurut salah satu pengurus BMT Syahida, Harisa, mengatakan, hingga saat ini, belum banyak mahasiswa, dosen, ataupun staff UIN Jakarta yang menggunakan BMT Syahida. Hal ini karena tabungan baru berjalan sekitar satu tahun, dan belum banyak mengenalkannya kepada warga UIN Jakarta. Harisa menambahkan, untuk ke depannya BMT Syahida pasti akan mengenalkan tabungan ini agar banyak yang mau bergabung dan mempercayakan keuangannya di BMT Syahida.



0 komentar:

Posting Komentar