Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Minggu, 06 September 2015

Alur Pembagian Sertifikat OPAK 2015



Untuk Disiarkan          : Senin 7 September 2015
Reporter                      : Desi Eliska

Alur pembagian serifikat Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) pada tahun ini, berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, pembagian sertifikat dilakukan dengan mengadakan inagurasi akbar. Sementara pada tahun ini, alur pembagian sertifikat akan lebih terstruktur. DEMA-U sendiri akan mengeluarkan sertifikat pada Jumat mendatang, karena saat ini masih dalam tahap memverifikasi data mahasiswa terbaru tanggal 22 Agustus, yang ada di Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda). Jika ada mahasiswa baru yang baru mendaftar ulang setelah tanggal itu, maka harus melakukan konfirmasi ke DEMA-U, dengan membawa surat lampiran dari Dekan atau DEMA-F bahwa telah mengikuti OPAK. Hal ini dilakukan karena adanya arahan dari Rektor, di mana setiap sertifikat harus diberi nama satu per satu, agar tidak ada kecurangan bagi mahasiswa yg tidak mengikuti OPAK, dengan memfotocopy sertifikat tanpa nama.

Menurut Ketua Dewan Mahasiswa Universitas (DEMA-U), Muhammad Ulum, hal ini dilakukan karena melihat pengalaman tahun lalu, di mana pada inagurasi akbar, banyak sekali kekurangan yang terjadi. Seperti terlalu ramainya orang yang datang, konsumsi yang terbuang percuma, hingga banyak mahasiswa baru yang hingga saat ini belum mendapatkan sertifikat.

Ulum menambahkan, sertifikat yang dikeluarkan oleh DEMA-U akan didistribusikan kepada Wakil dekan bidang Kemahasiswaan tiap fakultas. Setelah itu, akan di berikan ke Kabag TU fakultas, di mana para mahasiswa baru akan mengambil serifikatnya dan menandatangani bukti penerimaan serifikat OPAK.

0 komentar:

Posting Komentar