Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Senin, 07 September 2015

Awal Semester, Mahasiswa Mencari Beasiswa



Untuk Disiarkan          : Selasa 8 September 2015
Reporter                      : Nia Nadia

Sudah sepekan mahasiswa UIN Jakarta kembali kuliah di awal semester ganjil tahun ini. Seperti biasa, mahasiswa banyak yang mencari peluang untuk mengajukan beasiswa, baik itu dari kampus maupun dari luar kampus. Beasiswa DIPA dan Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ) menjadi yang paling diincar oleh mahasiswa. Keduanya sama-sama memiliki banyak peminat, namun sulit juga untuk mendapatkannya. Tak sedikit mahasiswa yang tidak berkesempatan untuk menerima beasiswa tersebut. Namun ada perbedaan diantara keduanya, yaitu beasiswa DIPA diperuntukan untuk mahasiswa berprestasi dan tidak mampu, sedangkan YBJ lebih diperuntukan untuk mahasiswa yang berdomisili Jakarta, karena besiswa tersebut berasal dari pemerintah daerah Jakarta. Untuk mengikuti program besiswa, mahasiswa  bisa langsung mengecek Academy Information System (AIS) atau bisa langsung mengunjungi website dari masing-masing program beasiswa. Semua terpapar jelas, dari mulai pendaftaran, persyatan, dan prosedur apa saja yang harus dilakukan.

Salah satu penerima beasiswa YBJ, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST), jurusan Sistem Informatika (SI) semester lima, Sinta, mengatakan, alhamdulillah sudah mengikuti program beasiswa sejak tahun lalu, jadi saat ini hanya mendaftar ulang untuk kembali mengajukan program beasiswa. Sinta menjelaskan, YBJ memberikan beasiswa berupa uang sebesar 3,3 juta rupiah melalui Bank Daerah Khusus Ibukota (DKI), dan hanya diberikan satu tahun sekali.

Salah satu penerima basiswa DIPA, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester lima,Yulia Nur Shofiani, mengatakan , tahun ini mendapat beasiswa DIPA karena berprestasi dalam ajang kompetisi basket tingkat Jakarta. Untuk itu, bidang kemahasiswaan memberikan apresisasi untuk tim basket putri UIN Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar