Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Senin, 04 Januari 2016

Bikin Acara dengan Konsep Nol Sampah di Kampus, Kenapa Tidak?

08.36 Posted by Newsroom rdk , No comments

Untuk Disiarkan          : Selasa 5 Januari 2016
Reporter                      : Nabila Puspa Asriyani

Sampah menjadi permasalahan serius di setiap Fakultas di kampus UIN Jakarta. Jumlah mahasiswa yang semakin meningkat berbading lurus dengan sampah yang dihasilkan setiap harinya. Basecamp yang dijadikan mahasiswa sebagai tempat sekedar kopi darat atau kopdar, mengerjakan tugas, dan kegiatan lainnya membuat mahasiswa terkadang lupa dengan kewajiban membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, diperlukan gaya hidup Zero Waste atau nol sampah. Gaya hidup Zero Waste ini bisa dilakukan dengan mengurangi benda-benda seperti plastik dan sebagainya. Gaya hidup Zero Waste ini dieksekusi oleh komunitas di luar lini kampus UIN Jakarta. Komunitas yang baru berjalan selama beberapa minggu ini, menamakan dirinya dengan Zero Waste, beranggotakan 20 mahasiswa yang tersebar dari beberapa Fakultas di UIN Jakarta.

Ketua Zero Waste, Ade Nirmala mengatakan, zero waste ini hadir untuk mengurangi sampah plastik yang sifatnya susah untuk didaur ulang. Banyak kegiatan yang biasa dilakukan oleh anggota zero waste, seperti penyuluhan ke setiap kelas untuk meminta mahasiswa membawa tempat minum masing-masing, agar berkurangnya sampah dengan wujud plsatik. Selain itu, pawai mengenai hindarkan air dengan bentuk kemasan, yang dikemas dengan lomba membuat sampah plastik.

Salah satu anggota Zero Waste, Ridho Nur Ilahi mengatakan, praktek zero waste bisa dipraktekkan ketika ada sebuah acara di Fakultas. Tim Zero Waste meminta pengunjung acara membawa misting atau kotak makan. Kalau tidak bisa menyiapkan piring sendiri, alangkah baiknya meminta tamu yang akan datang ke acara agar membawa misting atau kotak makan sendiri. Hal ini pernah dilakukan ketika menggelar acara seminar di kampus, dan hasilnya sangat memuaskan. Tidak ada sampah plastik ataupun kertas. Ridho menambahkan, jika membuat acara seminar, pilihlah makanan yang sifatnya prasmanan. Ingat, Zero Waste

0 komentar:

Posting Komentar