Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Rabu, 09 Juli 2014

Nasib Mahasiswa Perantauan Saat Pemilu

11.15 Posted by Newsroom rdk , No comments
Untuk Disiarkan          : Kamis 10 Juli 2014
Reporter                      : Aldinah Rosmi

Masyarakat Indonesia kembali merayakan pesta demokrasi. Setelah sembilan April lalu pemilihan umum legislatif berlangsung, kini saatnya pemilihan umum presiden (Pilpres). Dalam pemilihan umum (Pemilu), semua warga Indonesia yang rmasuk dalam daftar pemilih, berhak menggunakan  hak suaranya. Untuk pilpres tahun ini, warga Indonesia berhak  memilih salah satu dari dua pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres). Namun tidak semua warga Indonesia menggunakan hak pilihnya karena terkendala suatu hal. Terlebih mahasiswa yang merantau jauh dari kampung halamannya.

Salah satu mahasiswi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM), Konsentrasi Jurnalistik semester dua, Dessy Anggraeni, mengatakan, dalam Pilpres kali ini Dessy tidak menggunakan hak suaranya alias menjadi Golongan Putih (Golput). Mahasiswi asal Pemalang, Jawa Tengah ini, mengaku kurang mendapat sosialisasi dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat mengenai sistem pemilihan bagi pemilih yang merantau. Dessy menambahkan, tidak memungkinkan jika Dessy harus pulang ke kampung halamannya mengingat masih ada kegiatan ekstra kampus. Meski demikian, Dessy sangat berharap dalam Pilpres tahun ini, siapapun yang terpilih semoga dapat merubah Indonesia menjadi lebih baik.


Lain halnya dengan Dessy, mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Bahasa Inggris semester 10, Annisa Febrinel Hendri, justru menggunakan hak suaranya meskipun berada di tanah rantau. Mahasiswi asal Payakumbuh, Sumatera Barat ini mengaku pindah domisili serta ikut kerabat yang ada di Pamulang. Untuk itu, Annisa menggunakan hak suaranya di salah satu TPS yang ada di Pamulang. Annisa juga mengatakan, “Say no to golput” dan berharap apapun hasilnya nanti berarti itu yang terbaik untuk Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar