Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 28 Oktober 2014

Komunitas Lorong Deklarasikan Tiga Sumpah di Hari Sumpah Pemuda


Untuk Disiarkan: Rabu 29 Oktober 2014
Reporter: Aldinah Rosmi

Kemarin merupakan momentum Sumpah Pemuda Indonesia. Dalam memperingati momentum ini, banyak aksi dari kalangan mahasiswa dan salah satunya adalah dari komunitas Lorong. Komunitas Lorong merupakan komunitas yang bergerak pada bidang sastra, bahasa, dan rakyat dengan kepedulian. Dalam hal ini, komunitas Lorong menggunakan bidang tersebut sebagai media dakwah. Komunitas yang didirikan pada tahun 2011 tersebut, terdiri dari sekumpulan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Untuk itu, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda kemarin, komunitas Lorong mengadakan aksi Jalan-jalan Seni dan Budaya( JJSB).

Pemimpin komunitas Lorong, mahasiswa FITK jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ahmad Khoeri, mengatakan, ini ke tiga kalinya komunitas Lorong mengadakan JJSB. Dalam aksinya,  komunitas ini turut mengunjungi Museum Sumpah Pemuda, Museum Fatahillah, serta Taman Ismail Marzuki dengan target tempat pusat dokumentasi sastra. Namun sebelumnya komunitas Lorong mengajak mahasiswa UIN Jakarta melalui orasi di FITK dan di depan Perpustakaan Umum (PU). Khoeri menambahkan, di Monas nantinya Komunitas Lorong akan mendeklarasikan tiga sumpah yaitu Sumpah Pemuda Indonesia, Sumpah Mahasiswa Indonesia, serta Sumpah Aktivis Indonesia.

Khoeri juga menuturkan bahwa momentum Sumpah Pemuda merupakan tolak ukur agent of change bergerak. Pemuda bukan lagi agent of media yang membentuk publik. Khoeri menyayangkan dengan banyaknya mahasiswa yang tidak bisa ikut serta dalam pendeklarasian tiga sumpah. Pasalnya masih banyak yang sedang melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Padahal menurut Khoeri di hari Sumpah Pemuda inilah kesempatan pemuda pemudi berkaca, sejauh mana kontribusi pemuda dalam upaya memajukan bangsa Indonesia.  

0 komentar:

Posting Komentar