Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 28 Oktober 2014

Sumpah Pemuda, Forum Emperan Budaya Launchingkan Forum Diskusi

Untuk disiarkan: Rabu 29 Oktober 2014
Reporter : Aldinah Rosmi

Kemarin sore Forum Emperan Budaya menggelar acara diskusi dan panggung apresiasi pemuda yang berlangsung di Aula Teater Merah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Acara tersebut diawali dengan orasi budaya dari para perintis Forum Emperan Budaya, serta setiap peserta dianjurkan untuk mengecap tanggannya di depan panggung sebagai tanda partisipasi.

Koordinator acara, M. Nur Azami, menjelaskan, Forum Emperan budaya merupakan aliansi atau ikatan dari anak-anak forum kajian dan diskusi se-UIN. Adapun perintis Forum Emperan Budaya yakni LPM Institute, Komunitas Majalah Sehalaman PLOT, Komunitas Lesehan Kebudayaan (Kolekan), dan Lingkar Studi Aksi untuk Demokrasi Indonesia (LS-ADI). Azami juga menuturkan, Forum Emperan Budaya mengambil momentum sumpah pemuda dengan mengangkat tema "Pemuda dan Harkat Kemandirian Bangsa". Disamping itu, acara tersebut merupakan launching Forum Emperan Budaya, yang selanjutkanya akan diadakan diskusi rutin setiap minggu sekali. Dengan adanya Forum Emperan Budaya diharapkan akan menjaring dan menjadi panggung eksistensi karena wadah diskusi saat ini dirasa telah pudar.

Anggota Gerakan Mahasiswa Indonesia, bung Boim dalam orasinya mengatakan, lingkaran-lingkaran kajian dan diskusi di kampus UIN Jakarta mengalami kemunduran. Dengan adanya Forum Emperan Budaya diharapkan menjadi sarana untuk membangun forum kajian dan diskusi mahasiswa UIN Jakarta, karena sejatinya mahasiswa harus melakukan gerakan nyata, salah satunya melalui diskusi dan tidak hanya melakukan aksi di dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar