Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 02 Desember 2014

Masih Ada DPT yang Tidak Sempat Menggunakan Hak Suara


Untuk disiarkan          : Rabu 3 Desember 2014
Reporter                      : Aldinah Rosmi

Semua mahasiswa yang merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) mempunyai hak suara untuk memilih bakal calon presiden dan wakil presiden HMJ/HMK, DEMA-F serta DEMA-U. Namun dalam PEMIRA 2014 yang dilaksanakan kemarin, tidak semua mahasiswa atau DPT menggunakan hak suaranya. Seperti yang terjadi di Fakultas Dakwah dan ilmu Komunikasi (FDIKOM), dari 1704 DPT hanya ada 1073 yang hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya.

Ketua Dewan Pemenangan FDIKOM, Afrizal Rosikhul, mengatakan prosentase DPT yang tidak hadir yakni sekitar 600 orang, dan memang ada dua jurusan di FDIKOM yang pemilihannya secara aklamasi namun tetap mempunyai hak suara untuk memilih calon presiden DEMA-F dan DEMA-U. Afrizal juga menuturkan, hal mendasar mengenai banyak DPT yang tidak memilih adalah karena kepedulian mahasiswa yang sudah menurun akan hal seperti ini. Ada pula faktor lainnya, misalnya karena jadwal mata kuliah yang bentrok maupun tidak adanya jadwal kuliah di hari pemungutan suara. Namun menurut Afrizal, petugas KPPS telah menyediakan waktu pemungutan suara sampai jam setengah lima mengingat TPS sudah sepi, jadi percuma jika dibuka sampai jam enam tetapi tidak ada pemilih.


Menurut Mahasiswa FDIKOM, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Khusnul Hidayah, mengaku sangat kecewa kehilangan hak pilihnya karena tidak sempat memilih akibat padatnya jadwal perkuliahan. Menurut Khusnul, Walaupun hanya satu suara namun dirasa sangat berarti. Khusnul menambahkan, Sedikit kecewa juga dengan petugas di TPS mengapa perpanjangan waktunya tidak disamakan dengan waktu yang tersita di pembukaan TPS. Namun Khusnul berharap, semoga siapapun kandidat yang terpilih, bisa amanat dengan jabatannya.

0 komentar:

Posting Komentar