Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Rabu, 30 September 2015

Menggali semangat Cinta Budaya Betawi Melalui PSB


Untuk Disiarkan          : Kamis 1 Oktober 2015
Reporter                      : Neneng Heryani

Betawi memiliki banyak ciri khas dan kebudayaan, yang belum diketahui oleh banyak orang khususnya masyarakat betawi sendiri. Mengubah imej dan pandangan orang lain tentang masyarakat dan kebudayaan betawi bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan adanya Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi (FKMB) dan didukung oleh UIN Jakarta dengan launchingnya Pusat Studi Betawi (PSB), menunjukan bahwa pentingnya memperdalam pengetahuan dan cinta terhadap budaya yang dimiliki.

Anggota Dewan Pakar PSB UIN Jakarta, Yahya Handika Huta, mengatakan, ada banyak ciri khas yang dimiliki betawi. Jika membicarakan soal ciri, berarti tentang identitas bisa dilihat dari segi budaya yaitu cara berbahasa. Hal lainnya tentu saja dapat ditandai dari upacara-upacara tata cara hidup, seperti bagaimana masyarakat nelayan  betawi membuat perahu, dan itu menjadi ciri khusus dari masyarakat betawi, yang sebenarnya sama dengan etnik lain. Yahya berharap, masyarakat betawi dapat mencintai etnik dan budaya betawi, serta tidak bersikap sok tahu, perlu rendah hati dan terus menggali ilmu tentang kebudayaan betawi, serta mencintai dan memahami maka akan memiliki tempat yang benar.

Mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) semester satu, Riri Rofiqoh, menuturkan, setiap daerah meiliki keunikan budayanya sendiri, begitu pun dengan betawi. Dengan adanya PSB, semoga masyarakat betawi khususnya mahasiswa betawi yang ada di UIN Jakarta dapat lebih memahami dan mempelajari kebudayaan betawi.





0 komentar:

Posting Komentar