Berita untuk disiarkan pada program NEWSTAINMENT, Senin-Jum'at pukul 09.00-10.00 WIB

Selasa, 30 Juni 2015

Tahun Terakhir Pelaksanaan SP di UIN Jakarta



Untuk Disiarkan          : Rabu 1 Juli 2015
Reporter                      : Nia Nadia

Semester Pendek (SP) merupakan program yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan mahasiswa, dalam penyelesaian studinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Di UIN Jakarta sendiri, tahun ini adalah tahun terakhir pelaksanaan SP. Artinya, pada tahun-tahun berikutnya tidak ada lagi kegiatan SP. Adapun persyaratan untuk mengikuti SP yaitu, mahasiswa akhir angkatan  2008 sampai dengan 2010, yang akan mengulang mata kuliah dan memperbaiki nilai. Pendaftaran SP ini sudah dibuka sejak senin kemarin, dan akan berakhir pada jumat besok. Pelaksanaan SP akan dimulai pada tanggal enam Juli, sampai dengan 11 Agustus mendatang.

Adapun jumlah SKS yang dapat diambil pada perkuliahan SP maksimal sembilan Satuan Kredit Semester (SKS). Perkuliahan SP baru dapat dilaksanakan, jika peserta SP sudah mencapai 20 orang dalam satu kelas,  untuk mata kuliah dua SKS. Sedangkan untuk mata kuliah tiga SKS, dibutuhkan minimal 15 orang dalam satu kelas. Mahasiswa yang mengikuti SP juga harus membayar biaya perkuliahan SP sebesar 50.000 rupiah per SKS, menunjukkan Kartu Rencara Studi (KRS), di mana mahasiswa yang bersangkutan sudah pernah mengikuti mata kuliah yang diulang atau diperbaiki.

Wakil Dekan 1 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Suparto PhD, mengatakan, awalnya, tahun ini tidak akan ada SP,  namun kegiatan ini tetap diteruskan, karena sudah tertulis dalam kalender akademik. Suparto menambahkan, tidak adanya SP di tahun berikutnya karena dinilai membuat mahasiswa tidak disiplin. Artinya, mahasiswa akan merasa santai jika ada nilai yang kurang, karena bisa diperbaiki di SP. Adapun pembayaran yang cukup mahal, dikarenakan SP di luar jam kerja dosen dan memakan waktu tambahan.

0 komentar:

Posting Komentar